Skip to main content

Cara Mencegah Duplicate Content Pada Blog


Bagi Seorang Blogger Master Mungkin Hal Tersebut Sudah Sering di Dengar . Tapi Bagi Seorang Blogger Newbie Mungkin Baru Kali ini Mendengar Duplicate Content Pada Blog . jika kita artikan Duplicate adalah Sama Jika Content adalah Artikel atau Tulisan yang kita tulis dalam Blog.
 jika kalian ingin Lebih Jauh Mengetahui apa itu Duplicate Content ? Apa sih Penyebab Duplicate Content Pada Blog dan Bagaimana sih Cara Mengatasi Duplicate Content Pada Blog ? Hal ini Masih Menjadi Pertanyaan Bukan Bagi Kalian .

Cara Mudah Mencegah Duplicate Content Pada Blog

Pengertian Duplicate Content Pada Blog 
Duplicate Content adalah Sebuah Keadaan dimana di Blog Kita di Sinyalir Terdapat Beberapa Artikel yang sama atau hampir mirip antara yang satu dengan lainnya .

Penyebab Duplicate Content Pada Blog 

  • Duplicate Content Biasanya dapat Terjadi jika Kita kita Membuat Artikel yang sama dalam Satu blog yang disengaja maupun yang tidak disengaja . 
  • Duplicate Content Juga Biasanya dapat Terjadi karena Halaman Arsip dan Label yang jika  kita biarkan lama kelamaan akan membuat Blog kita turun dari peringkat SERP. Kenapa Halaman Arsip dan Label Bisa Mengakibatkan Duplicate Content Pada Blog? Misal Kita Membuat Artikel Terbaru dengan Label A dan Label B Masing - Masing Berisi dengan Artikel yang sama . Hal Tersebut Bisa kita katakan dengan Duplicate Content . dan Kenapa Halaman Arsip bisa Mengakibatkan Duplicate Content ? Karena Halaman Arsip Memiliki Meta Deskripsi yang sama dengan Hal Home Page atau Halaman Artikel Terbaru kita . Biasanya Halaman Arsip Bisa Mengakibatkan Duplicate - Duplicate Lain Selain Duplicate Content Pada Blog , Arsip Bisa Mengakibatkan Duplicate Meta Deskripsi , Duplicate Title Tag , Tag Judul Hilang . Hal Tersebut Bisa Kita Lihat di Webmaster Google . 
  • Suatu web secara otomatis akan memiliki dua alamat url yaitu dengan www dan tanpa www. Isi dari kedua alamat tersebut adalah sama sehingga bila search engine berhasil mengindex kedua alamat ini dapat menumbulkan terjadinya duplicate content terhadap blog kita.
  • Sahabat blogger pasti mengenal dynamic url bukan ? Dynamic Url adalah sebuah url yangmemiliki variable sebagai parameter untuk melakukan penggandaan content berdasarkan variable tersebut. Contohnya adalah http://google.co.id/search?q=query1+query2+query3, query inilah variable dalam parameter tersebut. Jika halaman tersebut memiliki isi yang mirip ataupun sama maka akan disebut pula sebagai duplicate content. 

Duplicate Content
Lalu Bagaimana Cara Mengetahui Duplicate Content yang Terdapat di Dalam blog? 

Cara Mengecek nya Kita Harus Mendaftarkan Blog kita di Google Webmaster Jika Sudah Mendaftar 
Klik Blog kaian yang terdapat di Webmaster Google , Lalu Ke Menu Pengoptimalan > Penyempurnaan HTML 
Webmaster Google

Efek Dari Duplicate Content Bisa Kalian Lihat Secara Lengkap di Google Answer

nah Kita Langsung Ke Cara Mengatasi/Menghilangkan Duplicate Content Pada Blog :

  • Untuk Mengatasi Duplicate Content Arsip dan Label Pada Blog kalian Bisa Menggunakan Cara Berikut
    1. Login Ke Akun Blogger Anda
    2. Masuk Ke Menu Template > Edit HTML
    3. Taruh Kode Berikut Tepat dibawah Kode <head>




<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex,noarchive,nofollow' name='robots'/></b:if>
<b:if cond='data:blog.pageName == &quot;label&quot;'><meta content='noindex,nolabel,nofollow' name='robots'/></b:if>

  • Cara Mengatasi Duplicate Conten Pada Dynamic Url 
    Biasa nya Dynamic Url Sebagai Berikut

 http://bocahporis.blogspot.com/2011/05/tutorial-lengkap-agar-blog-valid-html5.html?showComment=1330832981698#c1777229225833985521
      Url Asli
  http://bocahporis.blogspot.com/2011/05/tutorial-lengkap-agar-blog-valid-html5.html


Untuk Mencegah Agar Spider Bot Mengindex Dynamic Url tersebut dan Mengindex Url Aslinya kita bisa Menggunakan Kode dibawah taruh tepat dibawah kode <head>

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

Jika Cara diatas Telah Dilakukan Sekarang Kita Ping Blog kita ke situs Ping
berikut beberapa situs Ping :


  • http://pingler.com/
  • http://googleping.com/index.php


Situs diatas Merupakan Situs Ping Terbaik Menurut Saya.
Jika Sudah Di Ping , Sekarang kita hanya bisa menunggu , Menunggu untuk google kembali mencrawl blog kita. memang memakan waktu yang cukup lama agar duplicate content kita hilang.

Cara diatas Hanya Beberapa Mungkin Para Master Bisa Menambahkannya  .
Nanti Jika Ada Waktu Saya akan Berbagi Cara Menghilangkan Duplicate Meta Deskripsi , Duplicate Title Tag dan Duplicate yang lainnya pada Webmaster Google .

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Padmasana dan Aturan Pembuatan Padmasana secara detail

Mengingat rekan-rekan sedharma di Bali dan di luar Bali banyak yang membangun tempat sembahyang atau Pura dengan pelinggih utama berupa Padmasana, perlu kiranya kita mempelajari seluk beluk Padmasana agar tujuan membangun simbol atau “Niyasa” sebagai objek konsentrasi memuja Hyang Widhi dapat tercapai dengan baik. ARTI PADMASANA Padmasana atau (Sanskerta: padmāsana) adalah sebuah tempat untuk bersembahyang dan menaruh sajian bagi umat Hindu, terutama umat Hindu di Indonesia.Kata padmasana berasal dari bahasa Sanskerta, menurut Kamus Jawa Kuna-Indonesia yang disusun oleh  Prof. Dr. P.J. Zoetmulder  (Penerbit Gramedia, 1995) terdiri dari dua kata yaitu : “padma” artinya bunga teratai dan “asana” artinya sikap duduk. Hal ini juga merupakan sebuah posisi duduk dalam yoga.Padmasana berasal dari Bahasa Kawi, menurut Kamus Kawi-Indonesia yang disusun oleh  Prof. Drs.S. Wojowasito (Penerbit CV Pengarang, Malang, 1977) terdiri dari dua kata yaitu: “Padma” artinya bunga teratai, a

Dinamika Budaya Organisasi

DINAMIKA BUDAYA ORGANISASI A.                 Pengertian Budaya Organisasi Berdarakan pengertian kebudayaan di atas, budaya organisasi itu didasarkan pada suatu konsep bangunan pada tiga tingkatan, yaitu: Tingkatan Asumsi Dasar ( Basic Assumption ), kemudian Tingkatan Nilai ( Value ), dan Tingkatan Artifact yaitu sesuatu yang ditinggalkan. Tingkatan asumsi dasar itu merupakan hubungan manusia dengan apa yang ada di lingkungannya, alam, tumbuh-tumbuhan, binatang, manusia, hubungan itu sendiri, dan hal ini, asumsi dasar bisa diartikan suatu philosophy, keyakinan, yaitu suatu yang tidak bisa dilihat oleh mata tapi ditanggung bahwa itu ada. Tingkatan yang berikutnya Value , Value itu dalam hubungannya dengan perbuatan atau tingkah laku, untuk itu, value itu bisa diukur (ditest) dengan adanya perubahan-perubahan atau dengan melalui konsensus sosial. Sedangkan artifact adalah sesuatu yang bisa dilihat tetapi sulit untuk ditirukan, bisa dalam bentuk tehnologi, seni, atau sesuatu yang b

Makna Acintya Dalam Hindu

Paling tidak ada dua makna yang dapat diurai berkaitan dengan “Acintya” ini. Pertama, Acintya sebagai suatu istilah yang didalam kitab suci Bhagavadgita II.25, XII.3 atas Manawadharmasastra I.3 disebut dengan kata: Acintyah, Acintyam atau Acintyasa yang artinya memiliki sifat yang tidak dapat dipikirkan. Dalam bahasa Lontar Bhuwana Kosa, “Acintyam” bahkan diberi artian sebagai “sukma tar keneng anggen-anggen”: amat gaib dan tidak dapat dipikirkan. Lalu siapa yang dikatakan memiliki sifat tidak dapat dipikirkan itu, tidak lain dari Sang Paramatman (Hyang Widhi) termasuk Sang Atman itu sendiri. Jadi, sebagai suatu istilah, “Acintya” mengandung makna sebagai penyebutan salah satu sifat kemahakuasaan Tuhan. Kedua, Acintya sebagai symbol atau perwujudan dari kemahakuasaan Tuhan itu sendiri. Bahwa apa yang sebenarnya “tidak dapat dipikirkan” itu ternyata “bisa diwujudkan” melalui media penggambaran, relief atau pematungan. Maka muncullah gambar Acintya di atas selembar kain puti