HUBUNGAN DENGAN ORGANISASI
Pemasaran / Distribusi
Manajemen Pemasaran memiliki tujuan, (1) Menentukan dan memuaskan kebutuhan pelanggan, (2) Menghasilkan pendapatan yang cukup untuk menutupi biaya dan pengeluaran, mengganti aset, (3) Memberikan pengembalian investasi yang memadai.
Finance / Accounting
Sehubungan dengan Siklus Pendapatan, tujuan finance/ accounting meliputi, (1) Perencanaan dan Pengendalian Kas, (2) Data yang berkaitan dengan penjualan dan rekening pelanggan, (3) Pengendalian Persediaan, (4) Informasi yang berkaitan dengan uang tunai, penjualan, dan pelanggan
INPUT DATA
Sumber Input
Untuk penjualan produk, sumber-sumber input dapat termasuk tenaga penjualan, pelanggan referensi dan catatan kredit, catatan persediaan, gudang barang jadi, para pemasok, departemen pengiriman, dan pengangkut umum.
Bentuk Masukan
- Pesanan pelanggan : pesanan pelanggan baik pembelian atau suatu formulir yang disiapkan oleh seorang tenaga penjualan dari perusahaan penjualan.
- Order penjualan : formal, bentuk multicopy dipersiapkan dari pesanan pelanggan.
- Pengakuan order : biasanya sebuah salinan dari order penjualan yang dikirim ke pelanggan untuk mengakui penerimaan pesanan.
- Daftar pilihan : sebuah salinan dari order penjualan atau dokumen terpisah dikirim ke gudang untuk digunakan dalam memilih barang-barang yang dipesan dari sampah.
- Packing slip: sebuah salinan dari order penjualan atau daftar memilih dilampiri dengan barang ketika mereka dikemas untuk pengiriman pesanan.
- Penagihan muat : sebuah dokumen pengiriman ditujukan untuk para agen dari pengangkutan yang umum adalah untuk mengangkut produk.
- Pemberitahuan pengiriman : sebuah salinan dari order penjualan atau dokumen pengiriman yang terpisah yang berfungsi sebagai bukti bahwa barang-barang dikapalkan.
- Faktur penjualan : dokumen yang dikirimkan kepada pelanggan untuk mencerminkan jumlah penjualan.
- Saran Pengiriman uang : sebuah dokumen yang menunjukkan jumlah penerimaan kas dari pelanggan.
- Slip penyetoran : dokumen yang menyertai deposito uang tunai di bank.
- Pengembalian order : suatu dokumen yang disiapkan ketika kuantitas mencukupi dalam persediaan untuk memenuhi order penjualan.
- Memo kredit: sebuah dokumen yang memungkinkan kredit ke pelanggan untuk pengembalian penjualan.
- Aplikasi kredit : suatu formulir yang disiapkan untuk seorang pelanggan baru berlaku untuk kredit, yang menunjukkan data rinci yang berkaitan dengan pemohon kondisi keuangan saat ini dan tingkat penghasilan.
- Laporan wiraniaga: formulir yang digunakan untuk menguraikan panggilan yang dibuat oleh seorang penjual pada calon pelanggan dan untuk menunjukkan hasil dari panggilan.
- Pemberitahuan tunggakan : pemberitahuan dikirim ke pelanggan yang telah melewati batas saldo kreditnya.
- Pemberitahuan write off (penghapusan) : suatu dokumen yang disiapkan oleh manajer kredit ketika sebuah account dianggap tidak dapat ditagih.
- Penerimaan kas : suatu bentuk yang digunakan oleh pengecer untuk mencerminkan uang tunai yang diterima.
PENGOLAHAN DATA
Sistem Pengolahan Penjualan Kredit
- Order Entry
Setiap pesanan pelanggan yang dimasukkan ke sebuah layar sudah terformat di terminal online segera setelah diterima oleh petugas order penjualan dalam fungsi pemasaran. Program edit memvalidasi keakuratan data dan memverifikasi bahwa barang yang memadai siap untuk memenuhi pesanan. Berikutnya program memeriksa kredit untuk menentukan apakah pelanggan kredit. Setelah pesanan diterima, siap untuk diisi. Pengakuan kepada pelanggan, sebuah daftar untuk memilih gudang dan salinan file cadangan.
- Pengiriman (shipping)
Setelah produk yang dipesan telah diambil di gudang, produk dipindahkan ke dermaga pengiriman, di mana seorang pegawai menghitung produk dan menyiapkan jumlah untuk pengiriman dari daftar pilihan.
- Penagihan (billing)
Setelah menerima pemberitahuan pengiriman untuk hari itu, seorang petugas penagihan menghitung dan input batch total (terdiri dari jumlah yang dikirim, jumlah pengiriman, dan nomor pelanggan).
- Mempersiapkan Analisa dan Laporan
Pada akhir setiap hari, faktur diregister dan bagian piutang meringkas yang tercetak. Faktu Register adalah daftar transaksi penjualan, dalam efek jurnal penjualan yang berisi data kunci tentang setiap faktur penjualan yang disiapkan pada siang hari. Ringkasan piutang menunjukkan perubahan pada saldo rekening nasabah yang terjadi melalui posting pada hari itu, ditambah jumlah total diposting di batch.
- Penanganan Sales Returns dan Allowances
Pengembalian penjualan muncul ketika pelanggan mengirim kembali semua atau bagian dari barang-barang yang dipesan. Tunjangan penyesuaian harga penjualan yang diberikan kepada pelanggan sebagai kompensasi untuk barang rusak, atau kekurangan tertentu. Memo kredit siap untuk memformalkan kesepakatan tercapai.
- Pengolahan Order Pengembalian
Pengembalian order diperlukan bila kuantitas persediaan tidak mencukupi jumlah pesanan. Pengembalian order melibatkan persiapan formulir pemesanan, menunjukkan pelanggan yang memesan, nomor urutan, kuantitas yang dibutuhkan, dan data yang diminta.
Sistem Pengolahan Penerimaan Kas
- Remittance Entry (pengiriman uang)
Kontrol dan berita pengiriman uang diterima di ruang surat di batch setiap pagi. Salah satu petugas ruang surat mendukung pemeriksaan untuk hanya deposit dan memverifikasi bahwa jumlah setiap kali mengakses disetujui pada berita penyetoran. Cara alternatif menerima uang tunai adalah melalui sistem pengumpulan kotak deposit.
- Penerimaan Deposito
Satu salinan dari daftar penyetoran dan cek yang dikirim ke kasir, yang membandingkan dan merekonsiliasi. Ketika kasir puas bahwa semua cek dicatat, ia memberitahukan program penerimaan kas untuk mencetak slip penyetoran harian dan pencatatan transaksi penerimaan kas dalam dua salinan.
- Posting penerimaan/pendapatan
Sebelum memperbarui rekening pelanggan, petugas piutang harus memasukkan koreksi yang diperlukan untuk transaksi penerimaan kas yang tercantum pada ringkasan laporan. Semua koreksi dapat dilakukan selama hari uang tunai diterima. Jika perlu, mereka dapat dibawa ke hari berikutnya.
- Mempersiapkan Analisa & Laporan
Pada akhir hari, ringkasan dari aktivitas piutang dicetak. Hal ini dapat dikombinasikan dengan ringkasan piutang yang disebutkan dalam prosedur penjualan kredit atau mungkin yang terpisah namun berhubungan.
- Mengumpulkan Account Bermasalah
Jika pembayaran masih tidak diterima, perusahaan dapat menyewa agen penagihan, faktor piutang dengan lembaga pembiayaan. Aksi terakhir melibatkan persiapan pemberitahuan penghapusan piutang.
Comments
Post a Comment