Skip to main content

Ingin Jantung Sehat ?? Makanlah Makanan ini

Serangan jantung adalah penyakit mematikan nomor satu di dunia, dengan tingkat penderita meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu penyebabnya adalah pola makan yang salah. Nah, di artikel berikut Anda akan mengetahui makanan apa saja yang justru akan membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

10 Makanan Lezat Untuk Jantung Sehat

Mengonsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang berakhir pada kematian. Lantas, makanan apakah yang baik untuk kesehatan jantung Anda? Berikut contoh makanan sehat yang baik untuk jantung Anda.
  1. Ikan segar
    Ikan banyak mengandung asam lemak Omega 3. Asam lemak Omega 3 berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh Anda dan membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi ikan kaya asam lemak Omega 3 sebanyak 1-2 kali per minggu dapat mengurangi risiko kematian koroner hingga 36%.

  2. Teh
    Teh kaya akan antioksidan polifenol. Mengonsumsi teh dapat menurunkan gejala beberapa penyakit kronis yang berhubungan dengan radikal bebas, seperti penyakit jantung. Para peneliti meyakini bahwa polifenol mencegah kolesterol buruk kita (LDL) dari oksidasi yang dapat menyumbat pembuluh darah.

  3. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan merupakan sumber makanan rendah lemak dan kaya vitamin B, folat, kalium, besi, magnesium, serat, protein, dan fitokimia (senyawa tanaman yang dapat membantu mencegah sejumlah penyakit kronis termasuk penyakit kardiovaskular). Kacang hitam, kacang merah, kacang navy, kacang polong dan buncis adalah beberapa contoh kacang yang baik untuk jantung Anda.

  4. Paprika
    Paprika kaya akan vitamin C, kalium, vitamin A dan antioksidan. Kandungan kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan sel yang berperan dalam kontraksi otot. Bagi penderita darah tinggi, dianjurkan mencukupi kebutuhan kalium dari buah dan sayuran untuk membantu mengendalikan tekanan darah.

  5. Sayuran hijau
    Sayuran hijau mengandung banyak serat, karotenoid, folat, fitokimia, magnesium, potasium, dan kalsium. Karotenoid, pigmen yang mengandung senyawa antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah. Karotenoid juga dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung.

  6. Jeruk
    Buah jeruk memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Selain itu, jeruk juga kaya akan folat, antioksidan, fitokimia, kalium & serat. Vitamin C baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan serat pada jeruk membantu menurukan kolestrol darah Anda.

  7. Gandum
    Adalah sumber kalori sehat yang kaya serat, vitamin dan mineral, zat besi, magnesium dan folat. Beberapa studi telah mengaitkan konsumsi gandum untuk menurunkan kolesterol darah dan pencegahan penyakit kardiovaskuler. Sereal gandum, oat dan pasta gandum adalah contoh makanan yang baik untuk jantung Anda.

  8. Bawang putih
    Studi menunjukkan bahwa bawang putih berpengaruh terhadap penurunan risiko penyakit kardiovaskular termasuk kolesterol dan trombosit. Bawang putih lebih sehat jika dikonsumsi dalam keadaan segar.

  9. Buah berry
    Buah berry kaya akan antioksidan lebih dari buah lain dan sayuran. Selain itu, sebuah studi terbaru di Finlandia menunjukkan bahwa makan buah berry dapat membantu meningkatkan tingkat HDL dan menurunkan tekanan darah.

  10. Beras
    Sebuah studi menyatakan bahwa, dengan mengonsumsi beras maka Anda akan mendapatkan 12 vitamin esensial dan mineral, termasuk asam folat, kalium, dan vitamin C dengan lemak jenuh yang rendah daripada tidak mengkonsumsi beras. Studi ini juga menemukan bahwa mengonsumsi beras dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.


Jaga selalu kesehatan jantung Anda dengan mengonsumsi makanan sehat di atas. Selain mengonsumsi makanan sehat, jangan lupa untuk rajin berolahraga secara rutin agar peredaran darah Anda tetap lancar dan sehat.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Padmasana dan Aturan Pembuatan Padmasana secara detail

Mengingat rekan-rekan sedharma di Bali dan di luar Bali banyak yang membangun tempat sembahyang atau Pura dengan pelinggih utama berupa Padmasana, perlu kiranya kita mempelajari seluk beluk Padmasana agar tujuan membangun simbol atau “Niyasa” sebagai objek konsentrasi memuja Hyang Widhi dapat tercapai dengan baik. ARTI PADMASANA Padmasana atau (Sanskerta: padmāsana) adalah sebuah tempat untuk bersembahyang dan menaruh sajian bagi umat Hindu, terutama umat Hindu di Indonesia.Kata padmasana berasal dari bahasa Sanskerta, menurut Kamus Jawa Kuna-Indonesia yang disusun oleh  Prof. Dr. P.J. Zoetmulder  (Penerbit Gramedia, 1995) terdiri dari dua kata yaitu : “padma” artinya bunga teratai dan “asana” artinya sikap duduk. Hal ini juga merupakan sebuah posisi duduk dalam yoga.Padmasana berasal dari Bahasa Kawi, menurut Kamus Kawi-Indonesia yang disusun oleh  Prof. Drs.S. Wojowasito (Penerbit CV Pengarang, Malang, 1977) terdiri dari dua kata yaitu: “Padma” artinya bunga teratai, a

Dinamika Budaya Organisasi

DINAMIKA BUDAYA ORGANISASI A.                 Pengertian Budaya Organisasi Berdarakan pengertian kebudayaan di atas, budaya organisasi itu didasarkan pada suatu konsep bangunan pada tiga tingkatan, yaitu: Tingkatan Asumsi Dasar ( Basic Assumption ), kemudian Tingkatan Nilai ( Value ), dan Tingkatan Artifact yaitu sesuatu yang ditinggalkan. Tingkatan asumsi dasar itu merupakan hubungan manusia dengan apa yang ada di lingkungannya, alam, tumbuh-tumbuhan, binatang, manusia, hubungan itu sendiri, dan hal ini, asumsi dasar bisa diartikan suatu philosophy, keyakinan, yaitu suatu yang tidak bisa dilihat oleh mata tapi ditanggung bahwa itu ada. Tingkatan yang berikutnya Value , Value itu dalam hubungannya dengan perbuatan atau tingkah laku, untuk itu, value itu bisa diukur (ditest) dengan adanya perubahan-perubahan atau dengan melalui konsensus sosial. Sedangkan artifact adalah sesuatu yang bisa dilihat tetapi sulit untuk ditirukan, bisa dalam bentuk tehnologi, seni, atau sesuatu yang b

Makna Acintya Dalam Hindu

Paling tidak ada dua makna yang dapat diurai berkaitan dengan “Acintya” ini. Pertama, Acintya sebagai suatu istilah yang didalam kitab suci Bhagavadgita II.25, XII.3 atas Manawadharmasastra I.3 disebut dengan kata: Acintyah, Acintyam atau Acintyasa yang artinya memiliki sifat yang tidak dapat dipikirkan. Dalam bahasa Lontar Bhuwana Kosa, “Acintyam” bahkan diberi artian sebagai “sukma tar keneng anggen-anggen”: amat gaib dan tidak dapat dipikirkan. Lalu siapa yang dikatakan memiliki sifat tidak dapat dipikirkan itu, tidak lain dari Sang Paramatman (Hyang Widhi) termasuk Sang Atman itu sendiri. Jadi, sebagai suatu istilah, “Acintya” mengandung makna sebagai penyebutan salah satu sifat kemahakuasaan Tuhan. Kedua, Acintya sebagai symbol atau perwujudan dari kemahakuasaan Tuhan itu sendiri. Bahwa apa yang sebenarnya “tidak dapat dipikirkan” itu ternyata “bisa diwujudkan” melalui media penggambaran, relief atau pematungan. Maka muncullah gambar Acintya di atas selembar kain puti