Mencegah Ngantuk Saat Bekerja di Siang Hari

Mengantuk adalah hal yang wajar. Jika rasa kantuk tersebut berlebihan di siang hari maka hal ini dapat mengurangi produktivitas dalam bekerja dan menurunkan kreativitas dalam berkarya. Bagaimana cara mencegah kantuk di siang hari? Berikut beberapa tips mencegah mengantuk di siang hari yang dapat anda coba terapkan.




1. Dapatkan Tidur Malam yang Cukup
Salah satu penyebab utama orang mengantuk di siang hari adalah karena tidak cukup tidur pada malam sebelumnya. Rasa kantuk mengindikasikan bahwa tubuh kita memerlukan istirahat.



2. Buat Pola Tidur yang Sehat
Tidurlah secara teratur. Hindari kebiasaan tidur yang tidak baik seperti kamar yang tidak nyaman, menonton TV sambil tiduran di kamar, banyak minum sebelum tidur, dsb yang dapat mengganggu tidur.



3. Makan Makanan Sehat secara Teratur
Makanan yang tidak sehat dapat mengganggu kesehatan yang bisa menyebabkan susah tidur. Makan secara teratur membuat ritme jam biologis dalam tubuh lebih teratur termasuk  dalam pengendalian waktu tidur dan waktu bangun.



4. Berolahraga
Banyak sekali manfaat olahraga secara teratur termasuk membantu pola tidur yang sehat. Olahraga membantu tubuh lebih bugar di siang hari dan membantu istirahat yang cukup di malam hari.

5. Bekerja Secara Wajar
Mengantuk dan lesu dapat disebabkan karena otot dan syaraf mengalami kelelahan. Hindari pekerjaan yang terlalu berat, gunakan waktu istirahat kerja untuk rileks dan santai. Menatap layar komputer terlalu lama juga dapat menyebabkan kantuk. Usahakan mengambil waktu jeda jika anda bekerja didepan komputer.



6. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman untuk Beraktivitas
Ciptakan lingkungan yang nyaman untuk melakukan aktivitas atau pekerjaan. Lingkungan ruangan yang kurang penerangan cepat membuat mata lelah dan mengantuk. Linkungan kerja yang berisik atau terlalu lembab dapat membuat tubuh lebih cepat lelah.



7. Luangkan Waktu untuk Mengobrol
Mengobrol dapat menstimulasi otak tanpa membuat otak bekerja berat karena tidak membutuhkan konsentrasi. Mengobrol, bercanda, dan tertawa justru dapat membuat syaraf lebih rileks.

8. Hindari Stress
Badan lesu dan mata mengantuk adalah salah satu gejala stress. Hindari stress dengan cara posistif seperti menggerakkan badan, mendengarkan musik, bersenandung, dsb.



9. Nikmati Makanan atau Minuman yang Sehat
Kurang energi dapat membuat tubuh lebih cepat lelah dan mengantuk. Dapatkan tambahan energi dengan makan snack sehat seperti buah-buahan dan kacang-kacangan, atau minum jus buah atau jus sayuran.


10. Jaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh
Beberapa jenis penyakit dan gangguan kesehatan dapat menimbulkan gejala mengantuk dan lesu. Segera Kunjungi dokter jika anda memiliki masalah kesehatan.




11. Minum Cukup Air
Dehidarasi dapat menyebabkan badan lesu dan lebih mudah mengantuk. Dapatkan cukup air untuk menghidrasi tubuh secara layak.

12. “Take A Nap”
Tidur sejenak selama 10 menit di siang hari dapat mengembalikan kesegaran tubuh dan menghilangkan kantuk. Tidur selama sepuluh menit di siang hari dapat menambah konsentrasi dan produktivitas.

Artikel Terkait Tips

☆☆☆ Terimakasih Semoga Bermanfaat ☆☆☆
Judul: Mencegah Ngantuk Saat Bekerja di Siang Hari
Rating: 100% based on Perfect ratings. 168 user reviews.
Ditulis Oleh: DAILY JIBONK
Category: 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar