Skip to main content

Mengatasi Stres Dengan Cara Sederhana

Dunia Fitnes Zaman modern membuat manusia sangat rentan terkena stres. Siklus perkembangan teknologi, pengetahuan, dan lainnya bergerak semakin cepat. Hal ini membuat manusia harus cepat beradaptasi. Anda tentu pernah merasakan betapa menyebalkannya saat mengalami stres, baik dirumah maupun di kantor. Untuk membebaskan diri dari kegelisahan dan kekhawatiran akibat stres, maka Anda perlu mengetahui dan mengikuti beberapa tips sederhana yang ada dalam artikel ini untuk mengatasinya.

Aktivitas vs Stres
Dalam zaman yang semakin bergerak serba cepat, belum lagi jam kerja yang sangat panjang, “stres” adalah kata yang sangat dikenal. Stres adalah hal yang wajar terjadi, namun berdampak negatif pada beberapa aspek kehidupan. Stres dapat menyebabkan peningkatan rasa cemas, khawatir dan membuat beberapa orang mengalami insomnia.

Stres juga telah menyita waktu banyak orang dan berpengaruh buruk pada kehidupan pribadi maupun profesinya. Secara perlahan, stres menggerogoti dan menjadi ancaman bagi kesehatan kita.

Atasi Sejak Dini
Jangan biarkan diri Anda berlarut-larut berada dalam kondisi negative ini. Stres bukanlah teman yang bersahabat. Stres adalah sebuah kata sederhana dengan dampak luar biasa untuk merusak diri Anda baik secara fisik maupun mental. Maka atasi stres sekarang juga!

Berikut ini adalah 9 cara sederhana untuk mengatasi stres:
  1. Olahraga teratur. Saat bekerja, umumnya Anda duduk berhadapan selama berjam-jam dengan komputer, hal ini membuat aktivitas fisik menjadi terbatas. Coba Anda sejenak melakukan latihan ringan di kantor sebagai relaksasi.
  2. Luangkan waktu. Lakukan hal-hal mudah yang menyenangkan di tengah kesibukan Anda. Seperti bangun lebih pagi, berjalan-jalan di pagi hari, menikmati secangkir teh sambil membersihkan pekarangan rumah. Jadikan ini sebagai rutinitas di waktu senggang sebelum bekerja.
  3. Meditasi. Jika Anda merasa lelah dan jengkel, melakukan meditasi adalah hal yang tepat untuk menenangkan pikiran Anda. Meditasi memang tergolong tidak terlalu sulit, tapi juga tidak terlalu mudah. Cobalah mengikuti kelas meditasi atau yoga untuk ketenangan jiwa Anda.
  4. Olah pernapasan. Tarik napas melalui hidung dan hembuskan napas melalui mulut Anda. Hal ini dapat dilakukan ketika Anda beristirahat baik di rumah maupun di kantor.
  5. Alihkan perhatian. Lingkungan yang riuh dan mengganggu dapat menyebabkan stres. Maka, dengarkan musik atau baca buku favorit anda untuk mengalihkannya. Atau berjalan kaki ke lapangan dekat tempat tinggal, dan jika ada, cobalah berjalan di pematang sawah. Pemandangan indah akan membantu anda relaksasi, lebih santai dan merasa lega, lepas sejenak dari dari rutinitas. Alam selalu menyediakan manfaat bagi manusia.
  6. Bersihkan diri anda. Sepulang kerja segeralah mandi, makan malam dan tidur nyenyak. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih fresh.
  7. Menyendiri. Terkadang menyendiri dan mengasingkan diri adalah hal yang menyenangkan. Cobalah bersantai dan lupakan segala tekanan hidup. Manjakan diri Anda dengan ketenangan.
  8. Catat dalam diary. Catatlah setiap hal-hal yang Anda lakukan saat mengalami stres, dan catat juga hal apa saja yang membuat Anda menjadi lebih santai dan tenang.
  9. Chatting dengan teman-teman Anda. Diskusikan tentang hal-hal yang menarik dan menyenangkan.
Jika tips ini tidak dapat membantu Anda, dan jika stres telah menjadi hal yang sering terjadi pada Anda. Segera hubungi psikiater atau ahli terapi untuk membantu mencari penyebabnya. Karena semua orang pernah mengalaminya, Anda tidak perlu lagi ragu untuk menghubungi para ahli tersebut.

Stres memang sangat mengganggu, tetapi jika segera ditangani dengan cepat dan tepat percayalah Anda akan terhindar dari efek buruknya! Cobalah lakukan 9 cara sederhana tersebut untuk mengatasi stres yang Anda alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Padmasana dan Aturan Pembuatan Padmasana secara detail

Mengingat rekan-rekan sedharma di Bali dan di luar Bali banyak yang membangun tempat sembahyang atau Pura dengan pelinggih utama berupa Padmasana, perlu kiranya kita mempelajari seluk beluk Padmasana agar tujuan membangun simbol atau “Niyasa” sebagai objek konsentrasi memuja Hyang Widhi dapat tercapai dengan baik. ARTI PADMASANA Padmasana atau (Sanskerta: padmāsana) adalah sebuah tempat untuk bersembahyang dan menaruh sajian bagi umat Hindu, terutama umat Hindu di Indonesia.Kata padmasana berasal dari bahasa Sanskerta, menurut Kamus Jawa Kuna-Indonesia yang disusun oleh  Prof. Dr. P.J. Zoetmulder  (Penerbit Gramedia, 1995) terdiri dari dua kata yaitu : “padma” artinya bunga teratai dan “asana” artinya sikap duduk. Hal ini juga merupakan sebuah posisi duduk dalam yoga.Padmasana berasal dari Bahasa Kawi, menurut Kamus Kawi-Indonesia yang disusun oleh  Prof. Drs.S. Wojowasito (Penerbit CV Pengarang, Malang, 1977) terdiri dari dua kata yaitu: “Padma” artinya bunga teratai, a

Dinamika Budaya Organisasi

DINAMIKA BUDAYA ORGANISASI A.                 Pengertian Budaya Organisasi Berdarakan pengertian kebudayaan di atas, budaya organisasi itu didasarkan pada suatu konsep bangunan pada tiga tingkatan, yaitu: Tingkatan Asumsi Dasar ( Basic Assumption ), kemudian Tingkatan Nilai ( Value ), dan Tingkatan Artifact yaitu sesuatu yang ditinggalkan. Tingkatan asumsi dasar itu merupakan hubungan manusia dengan apa yang ada di lingkungannya, alam, tumbuh-tumbuhan, binatang, manusia, hubungan itu sendiri, dan hal ini, asumsi dasar bisa diartikan suatu philosophy, keyakinan, yaitu suatu yang tidak bisa dilihat oleh mata tapi ditanggung bahwa itu ada. Tingkatan yang berikutnya Value , Value itu dalam hubungannya dengan perbuatan atau tingkah laku, untuk itu, value itu bisa diukur (ditest) dengan adanya perubahan-perubahan atau dengan melalui konsensus sosial. Sedangkan artifact adalah sesuatu yang bisa dilihat tetapi sulit untuk ditirukan, bisa dalam bentuk tehnologi, seni, atau sesuatu yang b

Makna Acintya Dalam Hindu

Paling tidak ada dua makna yang dapat diurai berkaitan dengan “Acintya” ini. Pertama, Acintya sebagai suatu istilah yang didalam kitab suci Bhagavadgita II.25, XII.3 atas Manawadharmasastra I.3 disebut dengan kata: Acintyah, Acintyam atau Acintyasa yang artinya memiliki sifat yang tidak dapat dipikirkan. Dalam bahasa Lontar Bhuwana Kosa, “Acintyam” bahkan diberi artian sebagai “sukma tar keneng anggen-anggen”: amat gaib dan tidak dapat dipikirkan. Lalu siapa yang dikatakan memiliki sifat tidak dapat dipikirkan itu, tidak lain dari Sang Paramatman (Hyang Widhi) termasuk Sang Atman itu sendiri. Jadi, sebagai suatu istilah, “Acintya” mengandung makna sebagai penyebutan salah satu sifat kemahakuasaan Tuhan. Kedua, Acintya sebagai symbol atau perwujudan dari kemahakuasaan Tuhan itu sendiri. Bahwa apa yang sebenarnya “tidak dapat dipikirkan” itu ternyata “bisa diwujudkan” melalui media penggambaran, relief atau pematungan. Maka muncullah gambar Acintya di atas selembar kain puti