Skip to main content

4 Fakta Parahnya Pengaruh Merokok pada Kesehatan

Tahukah Anda bahwa nikotin yang terdapat pada rokok adalah zat yang bersifat adiktif seperti heroin? Atau tahukah Anda bahwa alveolus di paru-paru hancur secara permanen akibat merokok? Mari kita simak beberapa fakta yang disebabkan oleh rokok seperti yang dilansir situs Rediff Get Ahead baru-baru ini.

4 Fakta Parahnya Pengaruh Merokok pada Kesehatan


Merokok memengaruhi otak Anda
Nikotin pada rokok adalah zat adiktif seperti heroin. Hal ini yang membuat sulit melawan kecanduan nikotin pada seseorang yang merokok. Otak sebagai reseptor atau penerima yang mengakomodasikan dosis besar nikotin dari tembakau. Awalnya ketika Anda berhenti merokok, otak Anda pun akan berhenti menerima nikotin yang biasa diterima dan Anda akan mulai mengalami gangguan mental seperti perasaan cemas, mudah marah, dan memiliki hasrat tinggi untuk merokok. Jadi, berhenti merokok akan membantu memotong siklus kecanduan dan sejumlah besar reseptor nikotin pada otak Anda, dan akan kembali normal setelah satu bulan berhenti merokok.



Merokok memengaruhi paru-paru Anda
Merokok dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru Anda yang mengakibatkan sesak napas dan dada terasa tersumbat ketika Anda bernafas. Peradangan pada paru-paru membuat saluran pernafasan rusak sehingga mengarah pada perubahan fisik paru-paru dan dapat membuat nafas Anda terengah-engah. Anda mungkin akan menderita batuk kronis dan berlendir jika paru-paru terus terapar nikotin dari rokok. Kerusakan pada paru-paru tidak bersifat dapat dipulihkan kembali, maka sebelum menimbulkan kerusakan permanen pada paru-paru Anda, berhentilah merokok sekarang juga.



Merokok memengaruhi kesehatan seks Anda
Merokok dapat mengakibatkan disfungsi ereksi. Racun dari asap rokok juga dapat merusak materi genetik dalam sperma, yang dapat menyebabkan infertilitas atau cacat genetik pada anak-anak Anda.
Merokok juga dapat menurunkan tingkat estrogen pada wanita. Rendahnya kadar estrogen dapat menyebabkan kulit kering, rambut menipis, dan masalah ingatan pada otak. Wanita yang merokok cenderung lambat untuk bisa hamil dan memiliki bayi yang tidak sehat serta dapat meyebabkan menopause dini.



Merokok menyebabkan emfisema
Emfisema adalah kondisi dimana kantung udara di paru-paru Anda secara bertahap hancur sehingga membuat nafas Anda lebih pendek. Emfisema adalah salah satu dari beberapa penyakit yang secara kolektif dikenal sebagai penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Merokok adalah penyebab utama emfisema. Emfisema terjadi ketika alveolus (kantung-kantung udara di paru-paru tempat pertukaran udara dan darah) telah hancur dan menyebabkan sesak nafas hebat yang dapat mengakibatkan kematian.


Perlu diketahui, sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit paru-paru, tetapi berhenti merokok lebih awal akan membantu melindungi kerusakan pada alveolus dalam paru-paru dan menjauhkan dari emfisema.

Jadi, berhenti merokok memang susah, tetapi tidak berhenti akan lebih susah lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Padmasana dan Aturan Pembuatan Padmasana secara detail

Mengingat rekan-rekan sedharma di Bali dan di luar Bali banyak yang membangun tempat sembahyang atau Pura dengan pelinggih utama berupa Padmasana, perlu kiranya kita mempelajari seluk beluk Padmasana agar tujuan membangun simbol atau “Niyasa” sebagai objek konsentrasi memuja Hyang Widhi dapat tercapai dengan baik. ARTI PADMASANA Padmasana atau (Sanskerta: padmāsana) adalah sebuah tempat untuk bersembahyang dan menaruh sajian bagi umat Hindu, terutama umat Hindu di Indonesia.Kata padmasana berasal dari bahasa Sanskerta, menurut Kamus Jawa Kuna-Indonesia yang disusun oleh  Prof. Dr. P.J. Zoetmulder  (Penerbit Gramedia, 1995) terdiri dari dua kata yaitu : “padma” artinya bunga teratai dan “asana” artinya sikap duduk. Hal ini juga merupakan sebuah posisi duduk dalam yoga.Padmasana berasal dari Bahasa Kawi, menurut Kamus Kawi-Indonesia yang disusun oleh  Prof. Drs.S. Wojowasito (Penerbit CV Pengarang, Malang, 1977) terdiri dari dua kata yaitu: “Padma” artinya bunga teratai, a

Dinamika Budaya Organisasi

DINAMIKA BUDAYA ORGANISASI A.                 Pengertian Budaya Organisasi Berdarakan pengertian kebudayaan di atas, budaya organisasi itu didasarkan pada suatu konsep bangunan pada tiga tingkatan, yaitu: Tingkatan Asumsi Dasar ( Basic Assumption ), kemudian Tingkatan Nilai ( Value ), dan Tingkatan Artifact yaitu sesuatu yang ditinggalkan. Tingkatan asumsi dasar itu merupakan hubungan manusia dengan apa yang ada di lingkungannya, alam, tumbuh-tumbuhan, binatang, manusia, hubungan itu sendiri, dan hal ini, asumsi dasar bisa diartikan suatu philosophy, keyakinan, yaitu suatu yang tidak bisa dilihat oleh mata tapi ditanggung bahwa itu ada. Tingkatan yang berikutnya Value , Value itu dalam hubungannya dengan perbuatan atau tingkah laku, untuk itu, value itu bisa diukur (ditest) dengan adanya perubahan-perubahan atau dengan melalui konsensus sosial. Sedangkan artifact adalah sesuatu yang bisa dilihat tetapi sulit untuk ditirukan, bisa dalam bentuk tehnologi, seni, atau sesuatu yang b

Makna Acintya Dalam Hindu

Paling tidak ada dua makna yang dapat diurai berkaitan dengan “Acintya” ini. Pertama, Acintya sebagai suatu istilah yang didalam kitab suci Bhagavadgita II.25, XII.3 atas Manawadharmasastra I.3 disebut dengan kata: Acintyah, Acintyam atau Acintyasa yang artinya memiliki sifat yang tidak dapat dipikirkan. Dalam bahasa Lontar Bhuwana Kosa, “Acintyam” bahkan diberi artian sebagai “sukma tar keneng anggen-anggen”: amat gaib dan tidak dapat dipikirkan. Lalu siapa yang dikatakan memiliki sifat tidak dapat dipikirkan itu, tidak lain dari Sang Paramatman (Hyang Widhi) termasuk Sang Atman itu sendiri. Jadi, sebagai suatu istilah, “Acintya” mengandung makna sebagai penyebutan salah satu sifat kemahakuasaan Tuhan. Kedua, Acintya sebagai symbol atau perwujudan dari kemahakuasaan Tuhan itu sendiri. Bahwa apa yang sebenarnya “tidak dapat dipikirkan” itu ternyata “bisa diwujudkan” melalui media penggambaran, relief atau pematungan. Maka muncullah gambar Acintya di atas selembar kain puti